Rabu, Februari 07, 2007

Kuliah Kerja Nikah

KKN (Kuliah Kerja dan Nikah) tiga rangkaian yang mesti ane jalanin. Satu-satu atau secara bersamaan, hanya waktu yang bisa menjawabnya. Sekarangpun sebenarnya sudah bisa dijawab, tapi nggak pede kalau jawabannya malah dianggap ngawur. Yang pasti ane, antum, kita pasti akan mengarunginya alias menjalainya. Syukur-syukur kalau tiga hal tersebut bisa dilakukan secara bersamaan dan membuahkan hasil yang bagus agar menjadi contoh bagi yang lain. Terkadang kita melihat dari realita beberapa orang yang nekat melakukan tiga hal tersebut bukannya berhasil semua malahan amburadul semua, paling nggak salah satu ada yang jadi korbannya. Entah kuliahnya, kerjanya atau nikahnya. Bisa gawat kalau nikahnya yang amburadul, masa depan bisa curam.

Butuh kematangan dalam bersikap sebelum menentukan pilihan - pilihan kita, apalagi kalau pilihan itu adalah pilihan yang dirasa sulit. Murobbi ane pernah membekali kami dalam menentukan pilihan. Mau tahu ... bagini.. Pilihan yang kita ambil hendaknya tidak meninggalkan unsur Robbani alias berorientasi pada ridho Allah Ta'ala. Pilihan kita hendaknya tidak berdasar pada hawa nafsu. pilihan kita hendaknya memberikan keberlangsungan dakwah. Begitu kira kita nasehatnya...

Jadi ketika kita mengambil sebuah pilihan kita harus paham betul konsekuensi dari setiap pilihan yang akan kita ambil. Jangan sampai kita menyesal akan pilihan yang bisa jadi kurang berhasil dikemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar