Selasa, Februari 06, 2007

Berlatih Thifan Po Khan

Sudah sebulan berlalu latihan kungfu Thifan Po Khan (Pukulan Bangsawan), lumayan ada penambahan kemampuan fisik. Badan jadi segar, kuat, dan berenergi. Pada waktu awal mulai latihan, selama tiga pertemuan badan terasa pegal-pegal. Maklum baru pengkondisian fisik dimana dulunya jarang berlatih fisik.

Ada tiga hal yang diajarkan dalam Thifan, pernapasan, latihan jurus, dan pengobatan. Ketiga hal ini harus berimbang, karena tiga hal ini akan saling mendukung satu sama lain. Banyak sekali kemanfaatan berlatih Thifan.

Dalam setiap latihan diawali dengan sentay (senam), latihan kelincahan, latihan jurus, dan pernafasan. Senam dengan melakukan pelenturan dan penguatan terutama pada leher dan tangan. Latihan kelincahan berupa guling depan, guling samping, guling belakang, meroda, lompat harimau. Pernapasan menggunakan pernapasan hewan. Pernapasan katak, pernapasan beruang, pernapasan naga, pernapasan harimau, pernapasan kilin.

Dalam sebulan kami sudah diajari tendangan, sungguh sangat cepat sekali pelatihannya.

3 komentar:

  1. Pak..(panggilannya apa ya?)

    Latihannya dimana? saya tertarik join dengan thifan, pendaftaran & bulanannya berapa?

    Terima kasih banget lho infonya..

    Arnol
    s.arnaldi@gunanusa.co.id

    BalasHapus
  2. Assalaamu'alaikum wr wb
    Untuk informasi lengkap tentang Thifan Po Khan dan Persaudaraan Thifan Po Khan Indonesia, kunjungi situs kami thifan-kheda.blogspot.com atau diwanikhedapti.blogspot.com

    BalasHapus
  3. ngobrol ringan tentang Thifan Po Khan kunjungi blog http://thifan-saif.blogspot.com/

    BalasHapus