Rabu, November 26, 2008

Ulah Siapa ?

Masalah pupuk memang tak ada habisnya. Dari dulu sampai sekarang masih saja jadi topik yang hangat. Dihadapan petani bukan topik yang hangat lagi, topik panas malahan. Gimana lagi petani yang seharusnya bisa menggunakan pupuk dengan enak karena katanya mendapat perhatian yang luar biasa masalah subsidinya, sekarang malah kesulitan untuk mencarinya. Bahkan untuk mencurinya pun sulit karena memang sangat langkanya.

Sebenarnya ini kesalahan siapa ... yang pasti bukan kesalahan petani. Apa pabrik yang membuat pupuk hanya sedikit sekali, apa distribotor menimbun pupuknya, atau apakah para pengecer yang menjual pupuk kepihak lain. Ah...entahlah. Yang pasti kalo kita saling menyalahkan tidak ada penyelesaiannya. kalo kita salahkan satu pihak tentu yang kita salahkan nggak mau. kalo kita salahkan semua betapa kurang mampunya negeri ini mengurusi pupuk untuk orang kecil.

Perlu belajar dari sekarang. Siapapun itu. baik orang atas maupun orang bawah. Masak dari dulu kesalahan kian terulang untuk kesekian kali. Perlu manajemen baru, kalo perlu dirombak sampai dataran terkecil lembaga petani (kelompok tani) bisa dengan mudah membeli pupuk bersubsidi. /IA

0 komentar:

Posting Komentar