Rabu, Januari 17, 2018

Manfaat Memakan Sarang Lebah

Hampir semua orang sudah tahu bahwa lebah madu membuat sarang lebah sebagai tempat tinggal. Sarang lebah terbuat dari beeswax (lilin lebah) dan terdiri dari sel-sel berbentuk heksagonal dimana mereka menyimpan madu yang mereka kumpulkan.


Senyawa yang ditemukan pada beeswax adalah rantai panjang asam lemak dan ester. Sedangkan yang tersimpan di dalamnya adalah madu organik paling murni dan paling sederhana. Selain madu, lilin dan sarang lebah juga terbuat dari nutrisi yang berharga.
Madu yang ada dalam sarang lebah dilindungi dengan baik oleh lebah prajurit, yang berarti tidak terkontaminasi atau disentuh oleh mahluk hidup lainnya termasuk manusia. Hal ini sangat luar biasa karena yang disimpan dan diproduksi oleh lebah adalah pollens (serbuk sari), propolis, vitamin, mineral, asam amino, antioksidan, enzim dan aromatik. Pada saat ini, masih mustahil bagi teknologi manusia untuk meniru dan menghasilkan madu. Tidak heran mengapa orang-orang Yunani kuno menyebutnya, “The Nectar of The Gods”.
Saat ini, madu dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia. Bukan hanya dikonsumsi hanya untuk manfaat kesehatannya tapi orang juga menikmatinya karena rasanya yang manis. Namun, Anda perlu menyadari bahwa bentuk madu paling sehat adalah madu yang berasal langsung dari sarang lebah.
Manfaat Makan Sarang Lebah
Bagus untuk gigi
Dengan mengunyah sarang lebah yang terbuat dari beeswax , membuat senyawa biologis aktif masuk ke tubuh. Jadi, inilah fakta, mengunyah sarang lebah sebenarnya adalah metode yang efektif untuk membersihkan gigi dan gusi Anda, menghilangkan plak, dan membersihkan rongga mulut.
Perawatan Kulit
Madu mengandung kalium yang berarti bakteri tidak akan bisa bertahan di dalamnya karena ramuan ini. Kriteria ini membuatnya cocok untuk aplikasi perawatan kulit. Madu sebenarnya populer digunakan dalam merawat jaringan parut (scar), pelembab wajah, masker dan body scrub. Selain perawatan kulit, ini digunakan untuk menyembuhkan berbagai infeksi kulit.
Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Orang yang mengunyah sarang lebah sejak kecil hingga tahun keenam belas jarang menderita penyakit. Mengunyah sarang lebah akan memperkuat kekebalan tubuh yang berlangsung setidaknya empat tahun.
Bagus untuk Mengobati Flu
Sarang lebah telah digunakan oleh banyak orang untuk mengobati flu. Prosesnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengunyah sarang lebah selama 4 sampai 6 jam sebelum dibuang. Ini hanya akan berlangsung untuk satu hari. Pengobatan tradisional ini tidak menimbulkan efek samping. Jika flu masih berlanjut, maka prosedurnya perlu diulang dihari berikutnya. Bagi orang yang menderita sinus, metode ini juga efektif terutama selama musim semi dan musim gugur atau pada saat di mana merasakan rasa sakit.
Meningkatkan Kolesterol Baik dan Menurunkan Kolesterol Jahat
Kandungan asam lemak yang baik dapat ditemukan pada ikan tetapi jika Anda tidak tahu,sarang lebah juga memilikinya. Sarang lebah memiliki rantai asam lemak yang sangat panjang. Asam lemak ini bukan sembarang jenis lemak karena ia menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi jantung. Penelitian mengklaim bahwa asam lemak sarang lebah dapat secara signifikan mengurangi kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik, hal ini sesuai dengan ulasan yang diterbitkan oleh jurnal Experimental Biology and Medicine pada bulan Maret 2004. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa asam lemak dari sarang lebah bisa mengurangi lipoprotein densitas rendah sekitar 21% sampai 29%.
Mengurangi gejala Alergi
Beberapa ahli medis menyarankan agar mengunyah sarang lebah secara teratur dapat membantu meringankan bersin, mata berair dan pilek terutama pada saat musim alergi. Prosedurnya adalah mengunyah sarang lebah untuk jangka waktu lama. Beberapa individu mengklaim bahwa gejala alergi sering hilang setelah 30 menit terus menerus mengunyah. Untuk pencegahannya, sarang lebah harus dikunyah setidaknya satu atau dua minggu sebelum musim alergi.
Melindungi Hati
Sarang lebah mengandung antioksidan kuat yang membantu melindungi hati dari kerusakan. Untuk membuktikan klaim ini, sekelompok peneliti yang tertarik melakukan penelitian eksperimental kepada peserta yang memiliki masalah hati. Subyek mengambil beeswax (lilin lebah) selama 24 minggu. Hasilnya, fungsi hati mereka mejadi normal dan ada beberapa perbaikan pada gejala hati mereka. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang penelitian ini di Korean Journal of Internal Medicine yang diterbitkan pada bulan Juli 2013.
Tingkatkan energi Anda
Mengkonsumsi rutin madu murni yang terkandung dalam sarang lebah memiliki efek signifikan pada tubuh manusia karena khasiat antibiotiknya. Madu murni dapat membantu membersihkan pembuluh darah sehingga membantu dalam menjaga pencernaan yang tepat. Sebagai hasilnya, madu memberi konsumen dorongan energi.
Sumber : Java Honey

0 komentar:

Posting Komentar