Rabu, Januari 17, 2007

I'dad Fii Jihad

Banyak sekali yang dapat kita lakukan dalam rangka i'dad. Baik itu dalam hal ma'nawi, fikriyah maupun jasadiyah. Dalam pemaparan kali ini saya akan lebih menonjolkan pembahasan mengenai i'dad dalam hal jasadiyah kita. Bukan berarti menafikan i'dad dalam hal yang lain.
Dalam sebuah Hadits "Muslim yang kuat lebih dicintai Allah dari pada muslim yang lemah". Ini salah satu yang menjadi dasar kita sebagai seorang muslim haruslah mempunyai jasad yang kuat. Kita juga pernah mendengar bahwa Rasulullah pernah bergulat dengan seorang pegulat dan rasulullah memenangkannya. Dan masih banyak sekali kisah-kisah yang lain dari para nabi dan sahabat.
Bahwa yang menjadi perhatian kita adalah bagaimana mempersiapkan jasad kita menjadi kuat sebagaimana kuatnya para nabi dan para sahabat. Karena apa, dengan jasad kita yang kuat maka kita akan mampu mempertahankan kemulian dien kita, diri kita dan keluarga kita.
Coba kita bayangkan apabila jasad kita tidak kuat, maka yang terjadi adalah penghinaan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak suka dengan kita bahkan agama kita yang mulia. lain ceritanya ketika kita menjadi orang yang kuat, maka musuh-musuh kita dan musuh-musuh Allah akan menjadi tergetar.
Inilah pentingnya kita mempersiapkan diri kita, membekali diri kita dalam hal jasadiyah. Banyak sekali yang dapat kita lakukan untuk membekali diri kita. Olah raga yang rutin, ikut klub bela diri, menjaga pola makan, dan masih banyak lagi. Siapkan Diri kita untuk menghadapi segala rintangan yang bisa jadi terjadi tanpa sepengetahuan kita.

0 komentar:

Posting Komentar